Not Angka dan Lirik Lagu Hari Merdeka

Not Angka dan Lirik Lagu Hari Merdeka – Tiap tanggal 17 Agustus, selain lagu kebangsaan Indonesia Raya pastilah kita tak asing dengan nada lagu Hari Merdeka. Not angka lagu Hari Merdeka juga jadi bahan pelajaran di sekolah-sekolah karena termasuk lagu nasional. Lagu ini terbilang wajib dinyanyikan saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Jika lagu Indonesia Raya diciptakan oleh W.R. Supratman, maka siapakah pencipta lagu Hari Merdeka ini? Banyak dari kita yang mungkin tidak tahu siapa penciptanya serta sejarah diciptakannya lagu Hari Merdeka. Hanya segelintir orang saja yang tahu nama pencipta lagunya. Berikut akan dijelaskan siapa orang yang menciptakan lagu Hari Merdeka serta fakta menarik di baliknya.

Not Angka Lagu Hari Merdeka dan Fakta Unik di Baliknya

Pencipta lagu Hari Merdeka adalah H.M. Husein Mutahar atau seringkali disingkat H. Mutahar. Ia adalah seorang habib yang lahir pada 5 Agustus 1916 di Semarang, Jawa Tengah. Sebelum menciptakan not angka lagu Hari Merdeka, Mutahar memulai sekolahnya di ELS (Europese Lagere School) kemudian berlanjut ke MULO (Meer Uitgerebid Lager Oundewwijs) yang setingkat dengan SMP di Semarang. Mutahar kemudian melanjutkan pendidikan di AMS (Algemeen Midelbare School) yang setingkat SMA di mana ia mengambil jurusan Sastra Timur. Terakhir, ia mengenyam bangku kuliah di Universitas Gadjah Mada Jurusan Hukum serta Sastra Timur.

Not Angka Lagu Hari Merdeka

Baca Juga : Not Angka dan Lirik Lagu Deen Assalam

Dari latar belakang pendidikannya, dapat diambil kesimpulan bahwa H. Mutahar adalah orang yang berpendidikan tinggi. Ia juga tercatat aktif dalam berbagai gerakan kepanduan yang ada di Indonesia. Selain pencipta not angka lagu Hari Merdeka, H. Mutahar ternyata juga adalah pecipta Hymne Pramuka. Namanya turut terkait dalam pembinaan serta pendirian Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka. H. Mutahar sepanjang hidupnya tidak menikah, namun ia memiliki delapan orang anak angkat yang terdiri dari enam anak laki-laki dan dua anak perempuan. Ia juga memiliki lima belas orang cucu. Riwayat karir H. Mutahar juga pernah menjadi Duta Besar Republik Indonesia di Vatikan, sekretaris panglima AL RI dan ajudan Presiden.

Perjalanan karir H. Mutahar juga pernah menjadi pegawai Jawatan Kereta Api Jawa Tengah Utara yang bertempat di Semarang. Jabatan ini juga dikenal sebagai pegawai Rikuyu Sokyoku karena pada masa itu adalah masa penjajahan Jepang, mulai dari tahun 1943 hingga 1948. H. Mutahar meninggal dunia pada tanggal 9 Juni 2014 dan dimakamkan di Pemakaman Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Usianya saat meninggal adalah 88 tahun. Walau telah tiada, namun not angka lagu Hari Merdeka akan terus terkenang sepanjang zaman. H. Mutahar telah meninggalkan sebuah peninggalan yang takkan terlupakan, yaitu lagu Hari Merdeka yang kini menjadi salah satu lagu nasional Republik Indonesia dan tak pernah absen dinyanyikan saat perayaan 17 Agustus.

Not Angka Lagu Hari Merdeka

Gambar Not Angka Hari Merdeka

Lirik Lagu Hari Merdeka

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka
Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Video Klip Lagu Hari Merdeka

DISCLAIMER : Lirik dan lagu diatas adalah hak cipta/hak milik pengarang, artis (band/penyanyi) dan label musiknya. Seluruh media termasuk lirik, not angka, video klip ataupun lainnya yang saya posting di blog ini hanyalah untuk keperluan promosi dan evaluasi bagi yang membutuhkan. Dukung artis/pernyanyi/band indonesia dan asing dengan membeli CD Asli agar mereka dapat terus berkarya